Tuesday

Istirahat Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi


Istirahat Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi

Jika sobat ingin dapat terus mempertahankan konsentrasi, maka coba tips yang satu ini, - beristirahatlah (pastinya ini tips yang mudah, kan ?). Ambillah jeda sejenak, beristirahatlah. ..sobat enggak perlu merasa bersalah, kok. Mungkin sobat seorang pekerja keras. Namun, enggak peduli seberapa pekerja kerasnya sobat, toh sobat tetap manusia biasa dan sobat selalu butuh beristirahat. sobat enggak bisa memaksa otak anda terus-menerus bekerja sepanjang waktu. Ingat, perlakukanlah selalu otak sobat dengan adil. Dia sama seperti sobat. Dia (otak) senang permainan, dia senang bersenang-senang, refreshing, dan tentu saja...istirahat.

Saran di atas adalah saran yang paling sederhana untuk sobat. sobat mungkin sudah mencoba melatih konsentrasi dengan bermeditasi di goa-goa, atau mungkin sobat sudah meminum berbagai macam ramuan ajaib untuk meningkatkan daya konsentrasi? ?!! atau mungkin sobat sudah melakukan hal yang sudah lebih daripada itu semua?. Mungkin sobat sudah menggunakan alat-alat canggih lainnya untuk membantu memperkuat konsentrasi sobat.

Jika semua hal sudah sobat coba, dan sobat masih belum bisa berkonsentrasi, bagaimana jika sobat ambil tips yang mudah ini, rilekslah sesaat...?. Enggak sulit, kan ?t. sobat cuma perlu sedikit melakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang sobat lakukan saat itu. Jika sobat seorang akuntan yang sedang menganalisis angka-angka, maka berhentilah beberapa menit sebelum sobat memulai lagi aktifitas sobat. Lakukan sesuatu dimana sobat bisa sedikit jauh dari angka-angka.

Konon otak kita hanya bisa berkonsentrasi dengan baik sekitar 20 menit. Selebihnya daya konsentrasi otak kita akan cenderung menurun. Itulah mengapa sangat disarankan bagi sobat untuk berhenti beberapa menit guna mengambil jeda bagi otak kita untuk melakukan refreshing. Sekali lagi, ingat hukumnya (bahwa otak kita = diri kita, dia perlu istirahat, dia perlu rileks).

Jangan pernah menyiksa otak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. sobat enggak boleh mengabaikan hak-hak otak. Beri otak sobat jeda waktu agar dia bisa kembali bekerja. Bekerjalah selama rentang 20 - 25 menit dan kemudian berhentilah sesaat selama beberapa menit (2-3 menit) untuk melakukan aktifitas lain yang tidak ada hubungannya dengan apa yang sedang sobat lakukan saat itu. Mengapa harus aktifitas yang berbeda?, tentu saja karena otak kita cepat bosan. Jadi beri perhatian pada sesuatu yang lain (agar otak sobat merasa diperlakukan sebagaimana mestinya).

Belajarlah untuk beristirahat mengambil jeda, karena sobat enggak mungkin memaksa otak sobat untuk berkonsentrasi sepanjang waktu...

Sumber artikel:manemonik.com
Sumber gambar:boingboing.net

No comments:

Post a Comment

Sobat, silakan isi komentar, kritik, uneg-uneg, dan saran yang membangun ya...trims