Tuesday

Mengelola Keuangan Menggunakan Hukum 10/45/45

Mengelola Keuangan Menggunakan Hukum 10/45/45

Anda mungkin adalah orang-orang yang sudah mengikuti banyak seminar-seminar mengenai mengelola keuangan atau membaca buku-buku mengenai bagaimana cara mempersiapkan uang Anda. Tetapi, Anda jangan merasa puas atau berhenti belajar. Jadikan setiap pengetahuan yang Anda miliki untuk bahan pertimbangan dalam pengelolaan kekayaan.

Satu lagi tips keuangan yang bisa Anda terapkan dalam diri Anda sendiri dan juga kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari yakni mengelola keuangan menggunakan hukum 10/45/45. Hukum 10/45/45 adalah penjabaran dari 10% untuk Tuhan, 45% untuk ditabung, 45% untuk digunakan.

Setiap pemberian uang yang Anda miliki, berikan 10 %. kepada Tuhan. Hal ini juga dapat Anda terapkan kepada anak-anak untuk memberikan sepersepuluh yang mereka punya Berikan alasan-alasan yang dapat diterima oleh pikiran mereka mengenai hal pemberian persepuluhan ini kepada Tuhan.

Hal kedua dari hukum ini adalah sisihkan 45% untuk ditabung. Biasakan diri Anda untuk menyisihkan 45% untuk ditabung. Anda dapat juga mengajari anak-anak Anda dalam hal menabung ini. Berikan alasan kepada anak-anak Anda bahwa dengan menabung, mereka sedang berinvestasi untuk masa depan. Katakan kepada anak-anak Anda, hal yang mereka saat ini adalah menunda kesenangan untuk waktu mendatang . Amsal 6:6-8 menuliskan mengenai hal ini, walaupun tidak secara eksplisit:

"Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen."

Hal ketiga dari hukum ini adalah gunakan 45% untuk keperluan Anda. Menggunakan uang untuk keperluan Anda tidaklah salah karena Tuhan pun mengizinkan orang-orang untuk menikmati kekayaan. Anda dapat mengajar anak-anak Anda untuk menggunakan uang mereka sesuai dengan keperluan mereka. Paulis menuliskan dalam I Tim 6:17, bahwa Allah memberikan anugerah untuk kita menikmati harta yang kita miliki.

Untuk mengatur pos-pos pengeluaran, kita bisa buat diamplop, misalnya untuk bulan ini, amplop pertama ditulisi buat "Uang Makan" budgetnya :Rp. 400.000.amplop kedua untuk "PAM&Listrik :Rp.200.000. setelah itu, kita harus komitmen untuk memakai uang yang telah kita pos-pos kan ke dalam amplop tersebut. jangan membawa duit didompet dalam jumlah yang banyak, bawa seperlunya saja pada hari itu. bila ada yang mendesak, siapkan Atm anda.

Selamat mengelola dan menikmati kekayaan yang Anda miliki saat ini!! Jika Anda melibatkan Tuhan dalam keuangan yang Anda miliki, percayalah Allah pasti memberkati kehidupan Anda dan keluarga.


Sumber : cbn.com/bm

No comments:

Post a Comment

Sobat, silakan isi komentar, kritik, uneg-uneg, dan saran yang membangun ya...trims