Tuesday

Tips Mengambil Keputusan

Tips Mengambil Keputusan!

Setiap orang mempunyai perbedaan pandangan mengenai pengambilan keputusan, apalagi bila itu berurusan dengan kepentingan orang lain. Dalam dunia sosial dimana terjadi interaksi antara satu orang dengan orang yang lain, Anda pasti tidak dapat menghindar dari yang namanya mengambil keputusan, begitupun dalam dunia kerja atau bisnis.

Mengambil sebuah keputusan adalah tindakan yang pasti diambil oleh setiap orang yang bergulat dalam dunia kerja saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali orang enggan mengambil sebuah keputusan karena takut dengan konsekuensi dari keputusan tersebut. Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat diterapkan dalam dunia kerja atau bisnis Anda sehari-hari, khususnya bagi Anda yang saat ini sedang bermasalah dengan yang namanya mengambil keputusan:

1. Pastikan Anda mengetahui batas terakhir (deadline), kapan keputusan itu harus ditetapkan. Setelah itu tentukan ‘deadline' untuk diri sendiri, kapan keputusan tersebut sudah harus Anda buat. Catat tanggal yang Anda tentukan sebagai batas ‘deadline'.

2. Tetapkan dengan jelas kriteria atau kualifikasi keputusan yang harus Anda ambil. Misalkan keputusan tersebut harus menguntungkan perusahaan atau keputusan tersebut tidak memberatkan semua pihak.

3. Kumpulkan informasi dan data penting yang mengambil semua keputusan. Karena siapa tahu informasi tersebut diperlukan untuk bahan argumentasi. Jangan lupa untuk menentukan untuk menentukan batas waktu pengumpulan informasi.

4. Buatlah beberapa alternatif keputusan dari data dan informasi yang telah terkumpul. Pelajari dan pertimbangkan nilai atau bobot masing-masing alternatif tersebut, mana yang paling pas dan tepat.

5. Jangan sekalipun berlaku subyektif dalam mengambil keputusan, artinya jangan memilih keputusan yang menguntungkan Anda atau sekelompok orang semata.

6. Ketika Anda telah mempelajari dan mempertimbangkan dengan matang alternatif keputusan tersebut, jangan ragu untuk menentukan keputusan terbaik dari beberapa alternatif keputusan yang ada. Ingat, keragu-raguan hanya akan membuat keputusan yang sudah Anda ambil ‘mentah' kembali.

7. Umumkan keputusan yang Anda buat pada waktu yang tepat dan telah ditentukan. Pada saat mengumumkan keputusan ini pastikan bahwa Anda didukung oleh data yang kuat, akurat, dan relevan. Kalau perlu saat menyampaikannya, katakan bahwa keputusan ini dibuat atas pertimbangan dan pemikiran yang matang dan rasional.

8. Jangan takut untuk memaparkan argumen Anda, seandainya ada pihak yang keberatan. Jangan sampai protes dari penerima keputusan membuat Anda berpikir untuk merubah keputusan yang telah Anda buat.

Satu hal lagi yang saat ini yang harus Anda perhatikan dan ingat dalam pengambilan keputusan adalah perhatikan tindakan Anda sendiri. Maksud pernyataan ini adalah jangan sampai saat mengambil sebuah keputusan, Anda adalah orang yang mencemari keputusan yang telah dibuat tersebut. Selamat mencoba!! -jawaban.com_

No comments:

Post a Comment

Sobat, silakan isi komentar, kritik, uneg-uneg, dan saran yang membangun ya...trims

Post a Comment