Sunday

Kita pun perlu ke "Bengkel"

Kita pun perlu ke "Bengkel"

Kolose 3:9-10

".. karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;"

Jika Anda memiliki sebuah kendaraan baik berupa sebuah mobil atau motor, Anda pasti akan melakukan servis rutin ke bengkel. Mengganti olinya secara teratur, merawat dan menjaga agar kendaraan Anda dalam kondisi yang prima.

Banyak orang menjaga dan merawat benda-benda yang mereka miliki supaya kondisinya tetap baik. Namun sedikit orang yang ingat untuk menjaga dan merawat dirinya, terutama karakternya agar tetap dalam kondisi yang prima.

Apakah Anda melakukan cek rutin terhadap karakter Anda? Apakah Anda selalu mengingat untuk memperbaharui jiwa dan roh Anda sehingga bisa menjalani kehidupan dengan maksimal?

Mungkin Anda akan berkata, "Wah.. saya tak pernah memikirkan semua itu..!" Atau, "Saya kadang melakukannya..."

Apapan jawaban Anda, hari ini Anda diingatkan bahwa melakukan pemeriksaan rutin atas karakter Anda dan memperbarui diri Anda karena hal itu adalah sesuatu yang vital, sama pentingnya seperti check up ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Bagaimana cara untuk melalukan check up karakter Anda?

Dimulai dengan kejujuran.

Sebuah perbaikan hanya bisa dilakukan saat kita mau mengakui dengan jujur kelemahan-kelemahan kita. Merasa diri sudah cukup baik, dan menolak kritikan adalah sebuah kebodohan. Dengan cara itu Anda bukan membohongi orang lain, Anda membohongi diri Anda sendiri.

Carilah umpan balik dari orang lain.

Temuilah orang-orang terdekat Anda, dan mintalah umpan balik dari mereka. Merekalah cermin Anda, melalui mereka Anda bisa melihat apa yang baik dan buruk dari diri Anda. Ucapkan terima kasih atas perhatian orang-orang tersebut pada Anda.

Ukurlah integritas Anda.

Pelajarilah area yang paling penting dalam hidup Anda dan ukurlah integritas Anda. Coba tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri Anda:

Apakah saya menepati janji saya pada diri Anda sendiri?

Apakah saya menepati kesepakatan saya pada diri saya sendiri?

Apakah saya sungguh-sungguh menerapkan nilai-nilai yang saya percayai?

Milikilah waktu untuk meditasi.

Waktu tenang dimana Anda bisa berhubungan dengan Tuhan dan melihat ke dalam diri Anda, akan sangat penting untuk kesehatan jiwa Anda. Di waktu tenang ini, roh Anda diperbaharui dan Anda dapat merefleksi hal-hal yang perlu Anda ubah dalam hidup Anda. Ijinkan Tuhan berbicara pada Anda, dan memberikan tuntunan.

Jangan lupa merawat diri Anda sendiri, pastikan Anda dalam kondisi yang prima saat menjalani hari-hari Anda.-jawaban.com-

No comments:

Post a Comment

Sobat, silakan isi komentar, kritik, uneg-uneg, dan saran yang membangun ya...trims